Free Essay

Bauran Pemasaran Ace Hardware Indonesia

In: Business and Management

Submitted By kiranamar
Words 727
Pages 3
Bauran Pemasaran ACE Hardware Indonesia
Kirana A.H Marsha
P056133962.54E

Ace Hardware hadir di Indonesia pada tahun 1995, awalnya terdaftar dengan nama PT. Ace
Indoritel Perkakas. Kemudian pada tahun 2001 berganti nama menjadi PT. Ace Hardware Indonesia Tbk.
Sampai saat ini ACE hadir dengan 99 toko di beraneka pusat keramaian pada kota-kota besar di
Indonesia dengan tag-nya Pionir dan Pusat Perlengkapan Rumah & Gaya Hidup Terlengkap.
PT Ace Hardware Indonesia (ACES) merupakan jaringan waralaba internasional yang berpusat di AS.
Sebagai bisnis yang menjalankan sistem waralaba, sudah pasti ACE Hardware memiliki standar pelayanan global. Pengelolaan bisnisnya, benar-benar dilakukan secara profesional dengan menerapkan standar sistem operasi secara ketat, dan sangat memperhatikan kebutuhan serta kepuasan pelanggan gerai. Segmen pasar ACES adalah kelompok ekonomi menengah ke atas dengan mendirikan gerai-gerai di daerah pemukiman yang potensial di kota-kota besar di Indonesia. Bisnis ini fokus pada perkakas rumah tangga dengan produk seperti: Lawn & Garden, Hardware, Houseware, Plumbing, Electrical & Lighting,
Paint & Sundries, Tools, Auto accessories dan lainnya. Secara khusus produk yang terbagi dalam tiga jenis yaitu: perkakas rumah tangga, gaya hidup dan mainan dengan mayoritas pada penjualan perkakas rumah tangga.

1. PRODUCT
AHI dikenal dengan kualitas produknya, sebagaimana terlihat dari penampilan dan penawaran beragam produk menarik dengan harga kompetitif. Hal ini sejalan dengan kebijakan Perseroan untuk menawarkan hanya produk terbaik bagi para pelanggan.
Tanggung jawab produk merupakan bentuk tanggung jawab Perseroan dalam menghasilkan, mendistribusikan, atau menawarkan produk-produk yang terdapat di setiap gerai Perseroan. Kami menjamin bahwa seluruh produk yang ada di gerai Perseroan tersebut memiliki kualitas terbaik dan telah melewati proses seleksi yang ketat sebelum didistribusikan ke seluruh gerai.

2. PRICE
Dalam menentukan harga, AHI menetapkan promotion dengan penentuan harga diskon berdasarkan zoning. Seperti berikut:

3. PLACE
Setiap gerai memiliki keunikan tersendiri, dan keunikan ini menjadi unsur penting untuk meraih profitabilitas dan kepuasan pelanggan. Selama tahun 2013, pertumbuhan organic yang cepat namun terkendali dalam usaha Perseroan, baik di sektor home improvement & lifestyle maupun mainan, telah menghasilkan total 19 gerai Ace baru yang setara dengan 42.000 m2 dan 4 gerai Toys Kingdom seluas 2.500 m2. Penambahan ini menjadikan total ruang seluas 276.000 m2 untuk seluruh gerai AHI hingga akhir 2013.

4. PROMOTION
Dari aspek pemasaran, AHI terus melakukan berbagai program promosi untuk mendukung sekitar 80.000 pilihan produk yang ada. Perseroan juga menawarkan program-program yang lebih menarik melalui Reward Card yang saat ini sudah memiliki hampir 900.000 anggota. Di samping itu, Perseroan menerapkan strategi lainnya yang meliputi kegiatan pemasaran yang lebih intensif dan terfokus, seperti expo dan late night/midnite sale, dan berbagai program lainnya. Perseroan juga memiliki beberapa gerai butik yang merupakan bagian dari AHI, seperti Bike Colony dan Dr. Kong.

5. PEOPLE
Moto Perseroan mencakup nilai-nilai yang kami junjung tinggi: Excellence, Leadership,
Integrity, Teamwork dan Enthusiasm. Setiap karyawan didorong untuk meningkatkan kecakapan, antusiasme di lingkungan kerja, dan kepemimpinan untuk bekerja sama dalam sebuah kelompok kerja yang efektif serta memiliki integritas produk, janji, dan uang. Untuk menjaga dan meningkatkan integritas karyawan sekaligus menciptakan tempat kerja yang kondusif, AHI telah menerapkan program Whistle Blowing sejak pertengahan tahun 2013. Whistle Blowing merupakan media untuk mendorong karyawan dalam melaporkan berbagai pelanggaran atau penyimpangan. Beberapa contoh pelanggaran atau penyimpangan yang harus dilaporkan karyawan kepada manajemen Perseroan adalah :
1. Penipuan
2. Korupsi
3. Pencurian
4. Pelanggaran peraturan Perseroan
5. Konflik kepentingan
6. Penyuapan
7. Jual-beli/pengunaan narkoba
8. Perjudian
9. Tindakan amoral
10. Tindakan ilegal lainnya
Apabila seorang karyawan yakin bahwa dia menyaksikan suatu tindakan kriminal atau tak pantas di lingkungan Perseroan, ia dapat melaporkan ke Kawan Lama Integritas melalui telepon (free toll), SMS, fax, e-mail, website, atau surat. Program ini telah disosialisasikan secara intensif di dalam Perseroan.

6. PROCESS

7. PROOF atau PHYSICAL EVIDENT
Kami bangga dengan adanya pengakuan dari pihak-pihak yang terpercaya terhadap kinerja yang kami capai. Semua penghargaan maupun pengakuan ini menjadi bukti komitmen kami untuk membantu pelanggan setia kami dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Beberapa penghargaan dan pengakuan yang diperoleh di tahun 2013 adalah:
a. 100 Emiten Terbaik 2013 dengan Kapitalisasi Pasar lebih dari Rp10 Triliun, Ranking
Ke-5, dari Majalah Investor
b. Best Store in Home Preferred Brand 2013 dari Tabloid Bintang Home
c. Superbrand 2013 dari Superbrand Ltd.
d. Best Managed Company dari Finance Asia sebagai Ranking 1 Kategori Best Mid-Cap
e. Best of the Best dari Forbes Magazine Indonesia
f. Service Quality Awards dari CARRE

Similar Documents