Free Essay

Politik Psikologi

In: Social Issues

Submitted By ghinam
Words 1705
Pages 7
Nama : Ghina Mahira
NIM : 1104138
UAS : Psikologi Politik
1. Tumbuh kembangnya psikologi bersamaan dengan tumbuh kembangnya manusia, baik melalui jenjang pendidikan, kemasyarakatan, organisasi politik, organisasi kemasyrakatan dan dinamika masyarakat yang heterogen termasuk komunitas. Berikan tanggapan menurut pendapat anda.
Psikologi merupakan ilmu yang mempunyai peran penting dalam segala hal yang menyangkut perilaku manusia. Begitu juga dalam perilaku masyarakat. Misalnya, Kerap terdengar suata dalam masyarakat bahwa tindakan tertentu pemerintah dinyatakan “psikologis” kurang baik. Biasanya, suara seperti ini tidak dijelaskan lebih lanjut, dan orang-orang dianggap dapat menangkap apa yang dimaksudkan. Selain memberi berbagai pandangan baru dalam penelitian mengenai kepemimpinan, psikologi dapat pula menerangkan sikap dan reaksi kelompok terhadap keadaan yang dianggapnya baru, asing, ataupun berlawanan dengan konsentrasi masyarakat mengenai gejala tertentu. Psikologi juga bisa menjelaskan bagaimana sikap (attitude) dan harapan (expectation) masyarakat dapat melahirkan tindakan serta tingkah laku yang berpegangan teguh pada tuntutan sosial (conformity).
2. Apa yang membedakan: psikologi, politik, nasionalisme
a. psikologi: menyangkut respons yang diberikan oleh seseorang terhadap lingkungannya.
b. politik: menyangkut kehidupan suatu negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat, dan bagaimana negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya.
c.nasionalisme: indentifikasi individu dengan kelompok yang memiliki kesamaan sejarah, bahasa, wilayah, dan kombinasinya.
3. buatlah artikel tentang fenomena politik terbaru yang sedang berkembang di MKD di DPR RI, Terorisme dan 4 pilar tatanan keputusan politik bangsa?

4. bagaimana interpretasi anda tentang pelaksanaan pemilukada sebagai wujud demokrasi yang berakibat bentrok kekerasan, genosida, dan politik uang.
Dalam sebuah pelaksanaan Pilkada, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Seringkali pihak yang kalah tidak dapat menerima kekalahannya dengan lapang dada. Ketidakpuasan ini kerap berujung pada hal-hal yang negatif dan destruktif. Lihat saja, kasus pembakaran kantor KPUD di salah satu provinsi di Sumatra, misalnya. Ini membuktikan, sangat rendahnya kesadaran politik masyarakat yang terlibat dalam sebuah pesta demokrasi. Tidak saja masalah muncul dari para bakal calon. KPUD juga tidak sedikit menyumbang persoalan. Di salah satu KPUD di Jakarta, para anggotanya terbukti mengemplang dana Pilkada. Korupsi dana Pilkada itu sempat memperlambat proses Pilkada. Dapatlah dilihat seperti apa kurangnya mental para penjabat publik ini. Bahkan yang paling memalukan adalah, untuk sekadar meloloskan bakal calon yang tidak memunihi syarat, anggota KPUD meminta dana puluhan juta rupiah dari para bakal calon.
5. “artis masuk dunia politik dan mencalonkan sebagai top leader maupun legislatif” anda sebagai calon psikolog sisimana yang dianggap lemah dan sisimana yang dianggap baik dan menguntungkan bagi partai dan pendidikan politik bangsa.
Berprofesi artis dengan bergelimang harta ternyata tidak membuat seseorang berpuas diri. Tergoda mimpi menjadi penguasa, para pelakon dunia seni pun mulai banyak yang banting setir lantas terjun ke ranah politik. Wajah-wajah artis dan aktor tidak hanya menghiasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), banyak juga di antara mereka yang sudah menjadi kepala daerah. Pilkada Serentak tahun ini juga diwarnai keikutsertaan sejumlah artis yang berambisi menjadi kepala daerah baik bupati, wali kota atau gubernur. Minimal mereka sudah punya modal yakni popularitas. Mereka cukup dikenal masyarakat lantaran wajahnya sering berada di televisi.Tidak ada salahnya banyak artis ikut serta dalam Pilkada Serentak. Hanya saja, memang tidak ada jaminan menjadikan sebuah daerah lebih maju dari sebelumnya. Tentunya da kekhawatiran bagi beberapa pihak, artis yang menjadi calon pimpinan daerah sulit hidup merakyat. Sebab mereka terbiasa dengan gaya hidup mewah semasa jadi artis. Kesan yang muncul, artis jadi pimpinan daerah hanya untuk kekuasaan, memperkaya diri bukan mengabdi kepada rakyat.Popularitas artis sesungguhnya tidak menjamin bakal memenangkan pilkada. Apalagi jika lawan yang dihadapi adalah kepala daerah incumbent atau petahana.Pesaing petahana memerlukan energi besar agar dikenal konstituennya. Meski begitu, mereka tetap punya keuntungan yakni belum mempunyai catatan buruk di mata masyarakat. Berbeda dengan petahana yang memang sudah dikenal, apalagi jika dikenal masyarakat karena 'prestasi buruk'. Beratnya mengenalkan diri ke orang lain tampaknya bukan kesulitan bagi para artis. Modal tenar seharusnya bisa dimanfaatkan baik para artis. Mereka hanya tinggal meyakinkan masyarakat bahwa dirinya mampu memimpin.
6. Uraikan pandangan anda tentang peran media, dan peran toleransi dalam kancah politik?
Dalam peranannya media saling berhubungan erat dengan individu/masyarakat, partai politik, komunikasi politik, dan budaya/partisipasi politik. Pada intinya dalam dunia politik, atau kalau merujuk pada masalah Pemilu legislative dan eksekutif, para actor dan masing-masing partai politik harus melakukan komunikasi politik secara tepat terhadap masyarakat (suara pemilih) untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. Agar komunikasi politik yang diharapkan dapat teraktualisasi secara tepat, maka butuh wadah yang memfasilitasi, yaitu media. Media disini dapat berbentuk media cetak seperti koran, majalah, rekalame, pamflet, sticker, ataupun media massa elektronik seperti televisi, radio, dan Internet. Bahkan dapat melalui media massa dengan bentuk turun lapangan langsung. Dengan adanya komunikasi politik melalui media, partai politik dalam mencapai tujuan kepentingan politiknya akan mudah tersampaikan pada masyarakat. Dengan demikian, bisa saja masyarakat yang mempunyai hak suara dalam Pemilu akan menggunakan hak suaranya untuk memilih partai politik yang mempunyai kedekatan emosional terhadap pemilik hak suara tersebut. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap tingakat partisipasi politik masyarakat Indonesia dalam Pemilu laegislatif/eksekutif.
Sedangkan peran toleransi dalam kancah politik tentunya sangat dibutuhkan karena seperti yang kita tahu toleransi dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari termasuk dalam politik. Toleransi dalam politik berpusat pada masalah atau ide yang harus dinilai. Yaitu dengan cara berusaha mencari konsensus yang wajar dimana selalu membuka pintu untuk bekerja sama, sikap netral atau kritis terhadap individu/kelompok politik tetapi bukan mencurigai suatu pihak.
7. bagaimana menurut anda tentang regulasi KPK terhadap penahanan para mantan petinggi pada jabatan politis di Indonesia yang melakukan korupsi? regulasi KPK yang berani menahan mantan petinggi pejabat patut diacungi jempol. Dengan tertangkapnya para koruptor yang berstatus bejabat itu membuktikan bahwa KPK masih sanggup memberantas korupsi di negeri Indonesia ini. Meskipun belakangan banyak kita dengar hal-hal negatif dalamtubuh KPK seperti pembubaran KPK, usaha melemahkan KPK namun KPK masih dapat dipercaya untuk memberantas korupsi di Indonesia.
8. uraikan bagaimana kedudukan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) , pramuka, karang taruna, badan eksekutif mahasiswa jika dipandang sebagai kader pemimpin masa depan bangsa.
Kader pemimpin bangsa adalah generasi muda sebagai tenaga inti yang bakal meneruskan kepemimpinan perjuangan bangsa, memiliki kemampuan, ketrampilan, pengalaman, mempunyai sifat kepemimpinan. Dimana berbagai organisasi diatas menciptakan dan memberikan pengalaman bagi para pemuda untuk melatih dan mengasah rasa kepemimpinannya agar kelak mereka benar-benar dapat menjadi pemimpin masa depan bangsayang potensial.
9. bagaimana pendapat anda tentang kepemimpinan nasional yang menduduki jabatan public pada: legilatif, yudikatif, eksekutif, dan pers

10. bagaimana analisis anda tentang:
a. kepribadian politik dalam demokrasi dan anarkisme
DISKURSUS masalah politik seringkali menciptakan polemik yang berkepanjangan. politik sebagai medium kekuasaan acapkali dijadikan obyek untuk melakukan penindasan kepada rakyat. padahal secara substansi politik mengajarkan nilai-niai kebajikan sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tata hukum, hubungan sosial (relasi sosial), penguatan ekonomi bukan tidak mungkin harus menjadi project kekuasaan, sehingga perlu regulasi untuk membangun infra struktur politik yang bermartabat dan berbudaya.
Fenomena ini sesungguhnya sudah menjadi wajah buram REPUBLIK di tengah transisi demokrasi. antagonisme politik yang berkecendrungan membajak demokrasi dalam sistem budaya politik modern.
Demokrasi pun gagal di implementasikan. Fenomena tersebut paling tidak memberikan pelajaran dalam sebuah proses kemasyarakatan. namun setelah mengalami gelombang dimana masuknya ide demokrasi dalam negara modern maka muncullah berbagai tokoh yang kemudian mempopulerkan demokrasi sebagai ajaran yang ideal. Namun realitas itu mengalami pergeseran dari sumbu aslinya dimana anarkisme mencederai demokrasi. hampir semua peristiwa politik mengatasnamakan demokrasi dan rakyat. anarkisme bukan sebuah pilihan tapi jadi fenomenal.
b. pamahaman anda tentang arti kognisi dalam demokrasi alam proses kognisi manusia semua hal semua pengalaman harapan dan tujuan juga informasi dari seluruh indra akan di proses bersama secara merata sehingga menciptakan suatu respon untuk menentukan tindakan.maka dalam suatu negara juga seperti itu.bukan hanya pemimpin atau kaum elit dan kaum borjuis kapitalisme yang bersuara.tetapi seluruh rakyat dari sabang sampai meraoke memiliki hak yang sama dalam menentukan dan menyuarakan kehendaknya untuk mengatur suatu negara.suara rakyat adalah suara tuhan,jika suara rakyat sudah di matikan maka rakyat tak ubahnya ribuan budak yang siap di perintah dan sama sekali tidak mepunyai hak atas negaranya sendiri.rakyat akan di asingkan dari negaranya sendiri,rakyat akan di anak tiri kan di rumahnya sendiri.maka dari itu UU pilkada benar-benar tamparan telak kapada kemaslahatan dan kedaulatan pemerintahan di indonesia.hal itu sama dengan membunuh suara rakyat.membunuh demokrasi dan kebobrokan kebijangan birokrasi ini harus di hentikan.jika rakyat tak punya hak bersuara ,maka dalam prinsip analogi yang di atas sama dengan otak tanpa tubuh ,yang artinya bangsa ini telah lumpuh,bangsa ini telah mati.

c. pengendalian emosi dalam komunikasi politik
Komunikasi politik adalah proses penyampaian pesan, proses dimana informasi politik yang relevan diteruskan dari satu bagian sistem politik pada bagian lainnya, dan diantara sistem-sistem sosial dengan sistem-sistem politik. Tetapi sering juga timbul keluhan-keluhan yang berupa kurangnya memahami dan mendefinisikan komunikasi politik, terutama dipengaruhi oleh keragaman sudut pandang atau paradigma terhadap kompleksitas realitas sehari-hari. Maka dari itu pengendalian emosi dalam ber komunikasi dalam berpolitik sangat diperlukan.Seorang politikus juga sebaiknya lebih berhati-hati dalam membuat pernyataan. Jangan sampai ada tuduhan atau pembicaraan yang di manfaatkan untuk kepentingan partai tertentu. Mulut adalah harimaumu, salah bicara maka harimau itu akan menerkam dirimu.

d. pelaku politik sebagai anggota DPR/DPD dalam tugas pokok dan fungsi masing-masing
DPD memiliki fungsi: Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu, Pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undangtertentu.
Tugas dan wewenang DPD antara lain:
Mengajukan kepada DPR Rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. DPR kemudian mengundang DPD untuk membahas RUU tersebut.
Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama.
Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.
Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.
Anggota DPD juga memiliki hak menyampaikan usul dan pendapat, membela diri, hak imunitas, serta hak protokoler.

DPR mempunyai fungsi sebagaimana lembaga perwakilan rakyat pada umumnya, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Fungsi-fungsi ini kemudian dijabarkan dalam tugas dan wewenang DPR

Similar Documents

Free Essay

Public

...Memahami Birokrasi Sebagai Alat Pengurusan Sesebuah Negara Oleh:- Lutfan bin Jaes lutfan@uthm.edu.my ABSTRAK Tulisan ini adalah berkenaan Birokrasi, yang merupakan satu istilah popular dikalangan umum apabila membicarakan tentang pengurusan dan pentadbiran organisasi kerajaan. Aktornya dipanggil birokrat dan organisasinya merujuk kepada perkataan biro. Kepelbagaian perspektif melihat birokrasi menyebabkan ia menjadi satu konsep yang sukar difahami secara jelas. Ilmu Birokrasi itu sendiri dilihat sebagai sangat luas dan analitikalnya sangat bergantung kepada fahaman, mazhab dan isi kandungan masing-masing dalam sesebuah negara yang mengamalnya. Penulisan ini akan menyentuh serba sedikit sejarah, perkembangan, ciri-ciri, dan kepentingan birokrasi bagi tujuan umum. Kritikan terhadap birokrasi juga diperlihatkan bagi tujuan timbang tara pembaca. Juga ditulis serba sedikit birokrasi dan hubungannya secara langsung dengan pentadbiran awam sesebuah negara yang biasa banyak dirujuk oleh semua pihak yang menjadi ahli dalam sesebuah masyarakat. Kata Kunci : Birokrasi, Birokrat, Biro Pendahuluan Seringkali orang awam mengaitkan birokrasi dengan cara urustadbir tidak cekap, red tape (pita merah), rigid, kepatuhan melampau dan pelbagai prosedur yang membebankan dalam sesebuah organisasi kerajaan. Pengurusannya di sektor kerajaan seringkali dibuat perbandingan yang salah, kurang sesuai dan tidak tepat dengan pengurusan di sektor swasta. Tanpa disedari, simptom-simptom......

Words: 2524 - Pages: 11

Free Essay

Consumer Behavior

...0114J – Manajemen Pemasaran LECTURE NOTES Consumer Behavior 0114J – Manajemen Pemasaran LEARNING OUTCOMES - Analyze market and Evaluation Opportunities in The Changing Marketing Environment - Analyze and develop marketing strategy comprehensively in the market competition OUTLINE MATERI : - Model of Consumer Behavior - Characteristics Affecting Consumer Behavior - Types of Buying Decision Behavior - The Buyer Decision Process - The Buyer Decision Process for New Products - Business Markets - Business Buyer Behavior - The Business Buying Process - E-Procurement: Buying on the Internet - Institutional and Government Markets 0114J – Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen 1. Perilaku Pembelian Konsumen Perilaku pembelian tidak pernah sederhana, tetapi mamahaminya merupakan tugas yang sangat penting bagi manajemen pemasaran. Perilaku pembelian konsumen (consumer buyer behavior) mengacu pada perilaku pembelian konsumen akhir-perorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Semua konsumen akhir ini bergabung membentuk pasar konsumen (consumer market). Pasar konsumen Amerika terdiri dari 300 juta orang lebih mengkonsumsi barang dan jasa senilai lebih dari $12 triliun setiap tahun, membuat Amerika menjadi salah satu pasar konsumen paling menarik di dunia. Pasar konsumen dunia terdiri dari 6,5 miliar orang lebih yang setiap tahun mengkonsumsi barang dan jasa diperkirakan bernilai $61 triliun. Konsumen di seluruh dunia mempunyai......

Words: 2502 - Pages: 11

Free Essay

Superman

...Psikologi Kepemimpinan, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta, Jakarta. Ansar. 1999. Studi Tentang Manajemen Konflik Pada Kantor Pemerintah Kotamadaya Daerah Tingkat II Gorontalo, Tesis, Program Pasacasarjana Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang. Arifin, Rois, dkk. 2003. Perilaku Organisasi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Bayumedia, Malang. Arfani, Noer Riza. 2005. Governance dan Pengelolaan Konflik, Makalah disampaikan pada “Worshop Analisis Kebijakan Publik, Magister Studi Kebijakan UGM, Yogyakarta. Babbie, Earl. 1990. Survey Research Methods, Scond Edition, Wadsworth Publishing Company Belmont, California. Barnard, Chester I. 1938. The Functions of The Executive, Harvard University Press, Cambride, Mass. Beetham, David. 1996. Concepts in Social Thougt : Bureucracy, Second Edition, University of Minnesota Press, Minneapolis. Bennis, Warren G. 1969. Organizational Development, Its Nature, Origins and Prospects, Addison Wesley, Reading Mass. Bertrand, L. Alvin. 1974. Social Organization : A General Systems and Role Theory Perspective, Louisiana State University, Baton Rouge. Blau, M Peter dan M. W. Meyer. 1987. Birokrasi Masyarakat Modern, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Alih Bahasa Gary Rachman Jusuf, UI-Press, Jakarta. Bryant dan White. 1987. Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang, Cetakan Pertama, Alih Bahasa Rusyanto L. Simatupang, LP3ES, Jakarta. Bradford, D. Kevin, dkk. 2001....

Words: 1978 - Pages: 8

Premium Essay

Wawasan

...Kemajuan ini bukan sekadar meliputi aspek ekonomi, tetapi juga aspek politik, sosial, budaya, psikologi dan kerohanian.Kemajuan ini bukan sekadar tiruan negara-negara yang dianggap majusekarang, tetapi kemajuan menurut acuan negara sendiri. Menurut Perdana Menteri, matlamat menjadikan Malaysia negara maju dan industri tidak akan tercapai sehingga rakyat dan negara mengatasi sembilan cabaran asasi yang strategis, cabaran-cabaran yang telah kita hadapi sejak kelahiran negara ini sebagai Negara merdeka. Cabaran-cabaran ini telah diterima sebagai satu wawasan yang menjadi panduan dalamu saha membangunkan negara.Wawasan ini yang meliputi aspek-aspek dalaman dan luaran juga memberi arah tujuan dan matlamat negara untuk menjadi sebuah negara yang benar-benar maju. Perdana Menteri juga merasakan yang cabaran-cabaran ini boleh dipenuhi dalam masa tiga puluh tahun, iaitu menjelang tahun 2020.Ia dianggap satu jangka masa yang munasabah dan praktikal berasaskan kemajuan dan pembangunan yang telah dicapai setakat ini. Perdana Menteri merasakan Malaysia dapat mencapai wawasan ini menjelang tahun 2020,dan oleh itu Sembilan cabaran yang hendak dipenuhi pada tahun 2020 disebut sebagai Wawasan 2020 DASAR WAWASAN 2020 - Scribd http://www.scribd.com/doc/6782574/Pengenalan-waasan-2020 Objektif Wawasan 2020 Objektif 2020 bertujuan mewujudkan Negara bermaflamat iaitu Malaysia akan menjadi...

Words: 697 - Pages: 3

Free Essay

Martin Luther King Leadership Style

...FALSAFAH POLITIK GANDHI Ghandi mempunyai falsafah politik yang agak unik berbanding tokoh-tokoh falsafah terkemuka yang lain. Secara umumnya, falsafah politik beliau banyak berkisar kepada konsep Satyagraha yang digunakan untuk menentang penjajah British. Perjuangannya memberi keutamaan kepada bantahan awam ( civil disobedience), tindakan langsung (direct action), bantahan tanpa keganasan (non-violent resistance) dan bantahan secara pasif ( passive resistance). Bantahan awam bermaksud sebarang tindakan rakyat yang sengaja melanggar sesuatu undang-undang negara untuk memprotes kerasionalan undang-undang tersebut tanpa melibatkan sebarang bentuk keganasan dan pertumpahan darah. Pelaksanaan bantahan awam ini memerlukan pengorbanan dan keberanian yang tinggi untuk merelakan diri ditangkap atau dihukum sebagai akibat melanggar undang-undang negara. Konsep tindakan langsung pula merujuk kepada sebarang tindakan untuk mencapai objektif politik yang dilakukan di luar perlembagaan dan tanpa mengira undang-undang (Saliha Hassan 1999). Tindakan secara langsung ini telah dilaksanakan oleh pejuang-pejuang kemerdekaan India untuk membebaskan tanah air mereka daripada penjajahan British. Namun demikian, Ghandi mengambil pendekatan tindakan langsung untuk dilaksanakan secara aman sebagai satu bentuk bantahan awam. Bantahan secara pasif ialah tindakan awam yang lebih luas melibatkan setiap individu dan tidak hanya bergerak secara berkumpulan....

Words: 2965 - Pages: 12

Free Essay

Transitions

...Transisi ( transition ) sifatnya internal dan psikologis; reorientasi yg bersifat psikologis yg harus dilakukan agar supaya perubahan tsb dapat terwujud sebagaimana yg diharapkan Banyak orang beranggapan bahwa jika suatu perubahan itu terjadi, maka transisi akan berjalan mengikuti dengan sendirinya, kenyataannya tidaklah selalu demikian. Contoh; sepasang suami istri mengalami...

Words: 1321 - Pages: 6

Free Essay

Keharmonian Dan Kesejahteraan Negara

...LANGKAH-LANGKAH KESEJAHTERAAN DAN KEHARMONIAN NEGARA Negara Malaysia telah menyambut ulang tahun kemerdekaannya yang ke-56 tahun dan ini melambangkan bahawa Malaysia sudah pastinya mempunyai perkembangan daripada pelbagai aspek, termasuk pembangunan negara serta pembangunan masyarakatnya. Melalui pemantapan dan gabungan dua aspek utama, iaitu negara dan masyarakat dalam keadaan harmoni, ia sememangnya mempengaruhi akan kemajuan dan arus pemodenan sesebuah negara (Wan Othman Wan Halim, 1992). Namun, teras utama dalam mencapai status negara-bangsa yang berjaya, kesejahteraan, dan keharmonian kaum merupakan aspek yang amat penting. kesejahteraan dan keharmonian antara kaum kunci kejayaan negara didalam mengharungi pelbagai rintangan selama ini, Hasilnya Malaysia mampu berdiri teguh sehingga dikagumi dunia luar. Harus di fahami usaha membangunkan negara dan pada masa yang sama mewujudkan keamanan bukan perkara yang mudah untuk dilaksanakan, lebih lebih lagi dalam sebuah negara yang berbilang etnik dan agama. Namun kita bersyukur sejak sekian lama masyarakat berbilang kaum dapat hidup bersama dengan rukun dan damai. Apa yang menyedihkan kebelakangan ini ada ada sahaja berita yang cuba menggugat keharmonian dan kesejahteraan negara. Antara langkah yang dilakukan oleh negara kita untuk mengekalkan keharmonian dan kesejahteraan ialah dengan menggalakkan semangat perpaduan kaum dalam kalangan rakyat. Kesedaran untuk mewujudkan perpaduan kaum di negara berbilang kaum seperti di ......

Words: 1316 - Pages: 6

Free Essay

Hubungan Antara China Dengan Melayu Di Malaysia Dari Aspek Ekonomi Dan Politik

...Dari Aspek Ekonomi Hubungan antara China dengan Malaysia sudah lama wujud iaitu sebelum permulaan tahun Masihi sejak zaman Dinasti Han (140-117 S.M). Pemerintahan zaman Dinasti Tang (618-907 M) telah mewujudkan hubungan diplomatik dengan negara luar melalui pembukaan tujuh jalur jalan dagang dengan dunia luar, satu daripadanya ialah perjalanan laut dari Guangzhou dengan India, Parsi dan Arab melalui Alam Melayu seperti Semenanjung Tanah Melayu, Srivijaya, He-Ling (Jawa) dan lain-lain. Dinasti Song (960-1279) juga telah meneruskan hubungan baik dengan negeri­negeri luar tetapi menumpukan lebih banyak kepada bidang perniagaan terutama dengan negeri-negeri di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia Barat. Hubungan paling gemilang dan bermakna antara Alam Melayu dengan China ialah yang dijalinkan antara Kesultanan Melaka dan Dinasti Ming dalam abad ke-15. Persahabatan antara Melaka dan China wujud sebelum itu lagi apabila seorang utusan Raja China sampai di Melaka pada tahun 1403 dan Parameswara membalas dengan satu perutusan ke China pada tahun 1405. Laksamana Cheng Ho telah membawa hadiah bingkisan daripada Raja China, yang dibalas pula oleh Parameswara pada tahun 1407. Seterusnya beberapa orang Raja Melaka telah melawat China iaitu Parameswara (1411), Megat Iskandar Syah (1414), Sultan Muhammad Syah (1424) dan Sultan Abu Syahid (1445). Sebelum kedatangan, British bilangan masyarakat Cina terlalu kecil dan terlibat dalam bidang perniagaan. Penghijrahan secara beramai-ramai......

Words: 1177 - Pages: 5

Free Essay

Tawuran Pelajar Di Indonesia

...Dari segi politik, hal tersebut dimanfaatkan oleh para pemegang otoritas untuk melanggengkan status quo-nya. Mereka memanfaatkannya dengan cara membangun opini publik bahwa para pemuda di Indonesia masih belum mampu menduduki otoritas kekuasaan politis di Indonesia. Banyak pelajar yang...

Words: 1632 - Pages: 7

Free Essay

Sungkan

...Karena Perempuan adalah termasuk mahluk yang psikologis yaitu mahluk yang memiliki perasaan, pemikiran, aspirasi, dan keinginan. Dari citra psikis ini dapat tergambar kekuatan emosional yang...

Words: 4098 - Pages: 17

Free Essay

Redenominasi

...| Kelompok 3Oleh :Agatha Raharjo (01)Bara Aji Anggara (09)Doni Iwan Prasetyo (14)Moch Reza Agung Yudhalaksana (22)Muhammad Yusuf (23) | Redenominasi Rupiah ----------------------------------------------------------------- Semester VIII D-IV Akuntansi Kelas BPKP Angkatan II Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tangerang Selatan Abstrak: Akhir-akhir ini istilah redenominasi sangat populer di masyarakat. Kesimpulan yang diambil bisa berbeda-beda, apalagi bila ada yang mengartikan redenominasi sama dengan sanering. Kedua istilah tersebut adalah hal yang berbeda, dimana redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang, sedangkan sanering adalah pemotongan nilai mata uang tanpa diikuti dengan penyederhanaan nilai barang. Redenominasi adalah hal yang wajar dilakukan oleh suatu negara. Bahkan terdapat negara yang telah beberapa kali melakukan redenominasi, diantaranya ada yang gagal, namun ada juga yang berhasil. Saat ini, Bank Indonesia selaku pihak yang berwenang dalam mengatur dan menjaga keselarasan sistem pembayaran di Indonesia, merasa perlu melakukan redenominasi, salah satu alasannya karena rupiah termasuk dalam kategori worst currency. Namun dalam redenominasi harus memperkiran dampak-dampak yang akan terjadi, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Kata Kunci: redenominasi, sanering, inflasi, ekonomi, mata uang 1. Pendahuluan a. Pengertian Redenominasi Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah......

Words: 4188 - Pages: 17

Free Essay

Assignment 3

...Universiti Kuala Lumpur Business School MPU 3333 Isu Isu Kontemporari Muslim di Malaysia Nama : Mohamad Fizreen Firdaus bin Zamzamili ID Num : 62283313008 Group : AC40 Pensyarah : Fizree Bin MD Fauzi Fahaman liberalisme sememangnya satu fahaman yang semakin hari semakin menular dan berkembang di dalam masyarakat kita. Fahaman ini sebenarnya merupakan jarum halus yang mampu menggugat aqidah kita sebagai umat Islam. Menurut kamus Dewan Bahasa dan Pustaka edisi keempat, istilah liberal memberi maksud bebas atau terbuka. Manakala, penambahan 'isme' pula membawa maksud kepada fahaman atau idealogi pemikiran. Secara mudahnya perkataan Liberal bermaksud, (1) (bersifat) condong kepada kebebasan dan pemerintahan yang demokratik (misalnya menentang hak-hak keistimewaan kaum bangsawan), (fahaman) bebas dan (2) bersifat atau berpandangan bebas, berpandangan terbuka (tidak terkongkong kepada sesuatu aliran. pemikiran dan sebagainya). Merujuk kepada definisi di atas, Islam sememangnya sebuah agama yang liberal. Ia membebaskan manusia daripada belenggu penyembahan sesama makhluk, bahkan juga membebaskan manusia daripada penindasan, kezaliman dan penghinaan sesama manusia. Islam memiliki dasar yang terbuka terhadap peradaban manusia selagi mana ia tidak melibatkan syirik yang menyekutukan Allah, perbuatan yang menyalahi syari‘at-Nya dan kepercayaan kurafat yang merendahkan kedudukan manusia. Lalu apakah yang dikehendaki dengan gelaran Aliran Islam Liberal? Jawapannya...

Words: 1196 - Pages: 5

Free Essay

Perbudakan Di Era Modern

...Hak asasi politik meliputi hak untuk ikut dalam kegiatan pemerintahan seperti ikut...

Words: 2592 - Pages: 11

Free Essay

Sex in Teens

...PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang : fokuskan pada masalah yang akan diteliti, perhatikan penulisan kalimat dan paragraf. Ketiga berikan alasan mengapa hal itu layak diteliti. Inti penelitian itu berada di LBM. Sekarang ini teknologi telah berkembang dengan pesat dan membawa pengaruh signifikan bagi dunia informasi dan telekomunikasi. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada kehidupan sehari-hari khususnya pada kemajuan media massa yang ada. Karena teknologi tersebut televisi sebagai salah satu media massa memainkan peranan yang sangat penting bagi perkembangan zaman. Para politisi dapat membentuk opini publik melalui media elektronik ini. Demikian pula dengan para pelaku pasar yang mempunyai hubungan sangat erat dengan pertelevisian, terutama dalam hal promosi produk dan inovasi mereka. Pemerintah juga memanfaatkan televisi untuk mensosialisasikan program pembangunan dan peraturan perundangan yang telah ditetapkan. Bagi seniman dan budayawan tentu saja televisi menjadi sarana efektif untuk mengekspresikan diri dan berapresiasi. Dalam hal ini televisi telah merambah berbagai kalangan dan mempengaruhi semua bidang dalam sebuah tatanan sosial. Namun dampak yang ditimbulkan dari kemajuan ini pastilah mempunyai dua sisi yang selalu berlawanan dan tidak bisa dihindarkan, yaitu dampak positif dan negatif. Televisi memberikan pengaruh relatif besar kepada masyarakat modern. bukannya tidak mungkin akan merusak sebuah tatanan sosial berskala kecil seperti......

Words: 2651 - Pages: 11

Free Essay

Fgjgajhgdjhg

...Pengertian iptek dan kaitannya dengan islam Untuk memperjelas, akan disebutkan dulu beberapa pengertian dasar. Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (scientific method) .Sedang teknologi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan iptek, adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas, memperdalam, dan mengembangkan iptek Peran Islam dalam perkembangan iptek, adalah bahwa Syariah Islam harus dijadikan standar pemanfaatan iptek. Ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah Islam) wajib dijadikan tolok ukur dalam pemanfaatan iptek, bagaimana pun juga bentuknya. Iptek yang boleh dimanfaatkan, adalah yang telah dihalalkan oleh syariah Islam. Sedangkan iptek yang tidak boleh dimanfaatkan, adalah yang telah diharamkan syariah Islam. Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam ISLAM DASAR HUKUM MENUNTUT ILMU. 1. Sebagai seorang Muslim tentunya kita tidak asing hadits dari Rasullulah SAW yang berbunyi : ‘MENUNTUT ILMU ITU HUKUMNYA WAJIB BAGI SETIAP MUSLIM LAKI-LAKI DAN MUSLIM PEREMPUAN, WAKTUNYA ADALAH DARI BUAIAN IBU (BAYI), SAMPAI MASUK LIANG KUBUR” Hadits dari Rasul SAW yang sangat jelas sekali perintahnya, bahwa dalam Islam menuntut ilmu hukumnya adalah WAJIB yang artinya adalah, jika dikerjakan dan dilaksanakan kita akan mendapat PAHALA, jika diabaikan, disepelekan/tidak dilaksanakan kita akan mendapat......

Words: 2351 - Pages: 10