Free Essay

Vitamin C Mencegah Penyakit Asam Urat

In: Other Topics

Submitted By eshaeelelye
Words 607
Pages 3
VITAMIN C ternyata tak hanya bagus untuk memperbaiki kondisi tubuh usai operasi atau saat lemah, melainkan juga baik bagi mereka yang menderita penyakit asam urat atau gout, satu bentuk rematik yang menyebabkan munculnya peradangan pada sendi-sendi.

"Asupan vitamin C menyediakan pilihan lain yang bermanfaat dalam mencegah penyakit asam urat," jelas Dr. Hyon Choi dan koleganya dari universitas British Columbia di Vancouver, Kanada.

Korban-korban penyakit gout memiliki ciri biasanya berusia 40-an atau lebih dan pria, meski kadang juga wanita. Vitamin C dikatakan para ahli ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Gout, merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sendi dan terkait dengan penyalahgunaan alkohol, kegemukan, tekanan darah tinggi dan diet tinggi daging serta keju.

Di Amerika Serikat, penyakit ini nyaris menyerang sekitar 3 juta warga. Sebuah observasi atas 47.000 pria Amerika dari tahun 1986 hingga 2006 dengan beragam masalah kesehatan menemukan bahwa setiap 500 mg vitamin C yang dikonsumsi menurunkan risiko terkena gout hingga 17 persen.

Sementara itu. sekitar 70 mg vitamin C dapat Anda peroleh dari sebuah jeruk. Konsentrasi lebih tinggi dapat diperoleh dari pil suplemen.
Risiko makin berkurang hingga 45 persen bagi mereka yang mengonsumsi Vitamin C 1.500 mg per hari dibanding mereka yang mengonsumsi 250 mg per hari, kata tim yang dikepalai Choi yang sekarang mengajar di Universitas Boston, Amerika Serikat.

Dalam penelitian yang diikuti lebih dari 47.000 pria dari tahun 1986 s.d. 2006, diketahui bahwa vitamin C menurunkan risiko penyakit asam urat. Pria dengan asupan harian vitamin C sebesar 500-999 mg dan 1.000-1.499 mg masing-masing berisiko lebih rendah 17% dan 34% terkena penyakit asam urat dibandingkan pria yang mengkonsumsi vitamin C kurang dari 250 mg per hari.

Penyakit asam urat adalah artritis yang disebabkan oleh pengendapan asam urat atau kristal monosodium urate pada sendi. Penyakit ini dapat sangat menyakitkan dan melemahkan. Faktor risiko yang diketahui adalah jenis kelamin laki-laki, kegemukan, konsumsi alkohol yang tinggi, dan pola makan tidak sehat. Dalam studi tersebut, efek pencegahan penyakit asam urat dari vitamin C tetap kuat bahkan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor risiko tersebut.

“Mengingat manfaat kesehatan umum yang berkaitan dengan asupan vitamin C, khususnya dalam rentang konsumsi umum seperti dalam studi ini, asupan vitamin C dapat memberikan alternatif berguna dalam pencegahan penyakit asam urat,” kata pemimpin peneliti Dr. Hyon Choi dari Pusat Penelitian Artritis Kanada.

Vitamin C sebagai Uricosuric
Studi itu tidak dapat menentukan secara tepat bagaimana vitamin C menurunkan risiko penyakit asam urat, namun para peneliti berspekulasi bahwa vitamin tersebut berperan mengurangi kadar asam urat dalam darah dan bersifat anti-inflamasi. Pengobatan medis konvensional berfokus pada obat anti-inflamasi dan obat yang dapat menurunkan kadar asam urat (misalnya allopurinol) dengan mempercepat pengeluarannya dari tubuh melalui ginjal (dikenal sebagai memiliki efek uricosuric). Namun obat-obatan medis ternyata bukan satu-satunya zat yang memiliki efek uricosuric. Studi sebelumnya telah menemukan bahwa vitamin C juga dapat melakukan hal itu.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa gaya hidup sehat tetap yang paling penting dalam mencegah penyakit asam urat. “Tidak bijaksana bila Anda berpikir dapat mengimbangi makan dan minum berlebihan dengan banyak mengkonsumsi vitamin C,” kata Michael Snaith dari British Gout Society.

Peringatan
Anda yang memiliki kondisi seperti hemosiderosis, hemokromatosis, dan yang beriwayat batu ginjal/gagal ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin C. Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi asam oksalat, yang mungkin berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi tersebut.

Daftar Pustaka http://majalahkesehatan.com/vitamin-c-mencegah-penyakit-asam-urat/ http://kesehatan.kompas.com/read/2009/03/10/22454753/vitamin.c.turunkan.kadar.asam.urat
http://www.goutpal.com/wp-content/uploads/2009/11/vitamin-c-reduces-uric-acid.pdf

Similar Documents

Free Essay

Penjaskes 1sd

...i ii Hak Cipta buku ini pada Kementerian Pendidikan Nasional. Dilindungi Undang-undang. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SD/MI Kelas I Penyusun Penelaah Editor Design Cover Setting/Lay Out Ukuran buku 372.8 WAG p : Wagino Juari : Sukiri : Dwi Sumpani Wati : Rahmadi : Munanih : 17,6 x 25 cm WAGINO Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Wagino, Juari, Sukiri; editor, Dwi Sumpani Wati.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. viii, 144 hlm.: ilus.; 25 cm Bibliografi: hlm. 132 Indeks Untuk SD/MI kelas I ISBN 978-979-095-005-4 (no. jilid lengkap) ISBN 978-979-095-018-4 (jil. 1m) 1. Olahraga - Aspek Kesehatan - Studi dan Pengajaran (Pendidikan Dasar) I. Judul II. Juari III. SukiriIV. Dwi Sumpani Wati Hak Cipta buku ini dialihkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional dari penerbit CV Bina Pustaka. Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010. Diperbanyak oleh . . . iii kata sambutan Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2009, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional. Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan......

Words: 20961 - Pages: 84

Free Essay

Sistem Koordinasi

...BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Biologi merupakan ilmu pengetahuan alam yang berguna agar kita mengetahui tentang diri kita dan bumi yang kita huni. Salah satu ilmu biologi tentang diri kita yang harus kita ketahui yaitu  sistem koordinasi atau sistem pengatur tubuh makhluk hidup. Sistem koordinasi merupakan suatu sistem yang mengatur kerja semua sistem organ agar dapat bekerja secara serasi. Sistem koordinasi bekerja untuk menerima rangsangan, mengolahnya dan kemudian meneruskannya untuk menanggapi rangsangan. Di dalam tubuh manusia terdapat tiga perangkat pengatur kegiatan tubuh yaitu system koordinasi yang terdiri  dari saraf,  endokrin (hormon), dan pengindraan. Sistem saraf merupakan salah satu sistem koordinasi tubuh yang bekerja dengan cepat untuk menanggapi adanya perubahan lingkungan yang merangsangnya. Pengaturan sistem dilakukan oleh benang – benang saraf yang akan melaporkannya ke otak. Selain sistem saraf, terdapat sistem hormon yang mengendalikan sistem fisiologis tubuh seperti mengatur pertumbuhan dan perkembangan, metabolisme, keseimbangan internal, reproduksi, serta tingkah laku. Hormon bekerja jauh lebih lambat, tetapi teratur dan berurutan dalam jangka waktu yang lama. Pengangkutan hormon dilakukan melalui pembuluh darah. Sistem saraf berhubungan erat dengan alat indera manusia yang merupakan reseptor rangsang dari luar. System koordinasi pada manusia dan hewan perbedaan. Pada makalah ini akan dibahas satu persatu system koordinasi pada manusia...

Words: 7094 - Pages: 29

Free Essay

Green

...Kegiatan 1 PKMK KUE TART CAENIS ( CANTIK, ENAK DAN EKONOMIS) BERBAHAN DASAR TAPE 2 AKADEMI FARMASI KEBANGSAAN Nensi MAKASSAR AKADEMI KEBIDANAN CITRA MEDIKA SURAKARTA AKADEMI KEBIDANAN GIRI SATRIA HUSADA AKADEMI KEPERAWATAN KERTA CENDIKA SIDOARJO AKADEMI KEPERAWATAN KERTA CENDIKA SIDOARJO AKADEMI KEPERAWATAN KERTA CENDIKA SIDOARJO Putri Purnamasari PKMK LILIN SEHAT AROMA KURINDU PANCAKE GARCINIA MANGOSTANA ( PANCAKE KULIT MANGGIS ) 3 PKMK 4 Latifah Sulistyowati PKMK Pemanfaatan Potensi Jambu Mete secara Terpadu dan Pengolahannya sebagai Abon Karmelin (Karamel Bromelin) : Pelunak Aneka Jenis Daging Dari Limbah Nanas Yang Ramah Lingkungan, Higienis Dan Praktis PUDING“BALECI”( KERES) MAKANAN BERSERATANTI ASAM URAT 5 Achmad PKMK Zainunddin Zulfi 6 Dian Kartika Sari PKMK 7 Radita Sandia PKMK Selonot Sehat (S2) Diit untuk Penderita Diabetes 8 AKADEMI PEREKAM Agustina MEDIK & INFO KES Wulandari CITRA MEDIKA AKADEMI PEREKAM MEDIK & INFO KES Anton Sulistya CITRA MEDIKA AKADEMI PEREKAM Eka Mariyana MEDIK & INFO KES Safitri CITRA MEDIKA AKADEMI PEREKAM MEDIK & INFO KES Ferlina Hastuti CITRA MEDIKA AKADEMI PEREKAM Nindita Rin MEDIK & INFO KES Prasetyo D CITRA MEDIKA AKADEMI PEREKAM MEDIK & INFO KES Sri Rahayu CITRA MEDIKA AKADEMI PERIKANAN YOGYAKARTA PKMK Kasubi Wingko Kaya Akan Karbohidrat yang Menyehatkan 9 PKMK Pemanfaatan Limbah Kayu Sebagai Bahan Utama Membuat Sangkar Burung Sekaligus Mengurangi......

Words: 159309 - Pages: 638